Jakarta Tuan Rumah Munas APPSI VI, Perkuat Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah

Headline

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) VI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (25/11) malam.

Munas APPSI VI ini mengangkat tema “Penguatan Ketahanan Daerah Menghadapi Tantangan Global dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional”.

Munas yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, itu akan berlangsung selama tiga hari, mulai 25-27 November 2019, dimana melibatkan semua gubernur anggota APPSI dari seluruh Indonesia, ketua dan anggota Dewan Pakar APPSI, dan Peninjau Munas APPSI VI tahun 2019.

Pada kesempatan itu, Anies menyambut hangat para peserta APPSI yang telah tiba di DKI Jakarta.

“Sebuah kehormatan bagi kami di Jakarta menjadi tuan rumah pelaksanaan Munas APPSI ke-6. Munas ini sebagai wadah bagi kita untuk berkolaborasi menghadapi berbagai tantangan dalam menyelesaikan masalah,” ujarnya, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Anies turut menekankan arahan Presiden RI, Joko Widodo yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, pada Rakornas Kepala Daerah dan Forkompinda Provinsi, Kabupaten, Kota di Sentul International Convention Center di Bogor, Rabu (13/11) lalu.

Pertemuan seperti ini dapat menjadi medium penyampaian aspirasi untuk sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Kita semua para pimpinan daerah mendapatkan arahan dari Bapak Presiden – Bapak Wakil Presiden dalam pertemuan Forkompinda se-Indonesia. Dan sebagai tindak lanjut, Munas ini akan menjadi wadah menyampaikan aspirasi solusi-solusi dari Pemerintah Daerah yang bisa menjadi masukan bagi Pemerintah Pusat. Harapannya, sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat bisa makin diperkuat demi pembangunan di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Anies juga menyampaikan harapannya agar Munas berjalan dengan baik dan lancar.

“Harapan kami sebagai tuan rumah, Munas ini berlangsung dengan lancar, menjadi kesempatan berinteraksi yang kondusif dan produktif. Serta, bisa menetapkan program kerja yang memberikan manfaat bagi semua untuk tahun 2019-2023,” tandasnya.

Untuk diketahui, Munas APPSI VI ini mempunyai beberapa tujuan. Pertama, melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja APPSI tahun 2015-2019 dan mengesahkan pertanggungjawaban akhir Dewan Pengurus.

Kedua, menetapkan program kerja APPSI untuk tahun 2019-2023. Dan yang ketiga, memilih dan menetapkan Ketua Umum APPSI masa bakti 2019-2023.

http://www.beritajakarta.id/read/74692/jakarta-tuan-rumah-munas-appsi-vi-perkuat-sinergi-pemerintah-pusat-dan-daerah#.Xd0KVJMzYdU
edy