H. Achmad Supandi

H. ACHMAD SUPANDI

Nama : H. Achmad Supandi

Tempat/tgl lahir  : Jakarta, 5 Juli 1963

Pendidikan : Universitas Averous, Jakarta

Pekerjaan :  Swasta

Alamat : Jl. Mampang Prapatan XV No. 35, RT 007 RW 05, Duren Tiga, Jakarta Selatan

Orang Betawi pemalas, itulah imej orang yang ditangkap H. Achmad Supandi atau yang akrab dipanggil Hendy beberapa waktu lalu. Sebagai anak Betawi tentu dia tak bisa menerima  pernyataan itu. Yang dia tahu orang Betawi sebenarnya sama saja dengan orang mana pun, ada yang rajin dan ada yang malas.  Namun perlawanan dengan kata-kata tak ada gunanya.

Sebagai “orang media” Hendy melihat dari sisi media sendiri memang banyak mengangkat unsur kesenian Betawi dari belahan pinggir. Sehingga terkesan bahwa Betawi hanya seperti itu. Di pihak lain banyak petinggi-petinggi yang berdarah Betawi seakan malu mengakui dirinya orang Betawi. Sehingga orang lain hanya menangkap kesan dari apa yang terlihat di permukaan itu.

Hendy  pun tak tinggal diam. Selain duduk di kepengurusan DPP Aliansi Wartawan Indonesia (AWI), Hendy juga duduk dalam berbagai organisasi yang terkait dengan kesenian. Antara lain Lasqi (Lembaga Seni Qasidah Indonesia), Haswari (Himpunan Seni Wisata Religi Indonesia), dan Forum Shilaturrahmi Ta’mir Mesjid dan Mushalla Indonesia). Selain itu ia juga memimpin beberapa grup kesenian, yaitu Orkes Gambus Arrominia, Grup Samrah Geratak dan Orkes Melayu Hendista.

Dalam aksinya menaikkan imej tentang Betawi itu Hendy berupaya mengemas penampilan grup-grup kesenian yang dipimpinnya sebaik mungkin, sesuai dengan tuntutan situasi dan kondisi. Menurutnya bukan sesuatu yang terlarang bagi seniman Betawi manggung dengan stelan jas, bila memang sesuai tuntutan. Suami dari Hj. Mulyati itu juga selalu berupaya mencontohkan kebanggannya dengan apapun yang terkait kebetawian.  Menurut ayah empat anak tersebut, tak ada alasan  orang Betawi malu mengakui dirinya sebagai orang Betawi.(CAI/YAS).

Leave a Comment